OSHIETE SENPAI

Pertanyaan yang Sering Diajukan

CATCH YOUR DREAM!  -Study in JAPAN-
OSHIETE SENPAI

Mengenai Pendaftaran Masuk Kuliah

Kapan waktunya pendaftaran masuk kuliah?

Kebanyakan sekolah di Jepang menerapkan tahun ajaran baru pada bulan April. Ada pula beberapa sekolah dan kampus yang menerima mahasiswa baru di bulan Oktober. Tetapi, untuk sekolah bahasa Jepang, rata-rata bisa menerima murid baru setiap saat. Maka dari itu, biasanya para calon mahasiswa yang ingin belajar di universitas Jepang, sudah mendapatkan visa pelajar kemudian masuk sebagai murid sekolah bahasa Jepang. Mereka belajar di sekolah bahasa Jepang sambil mempersiapkan dan menunggu waktu pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di universitas.


Apakah perkuliahannya berbahasa Jepang? Seberapa tinggi kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan agar bisa mengikuti kuliah?

Rata-rata perkuliahan menggunakan bahasa Jepang. Agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik, diharapkan mempunyai kemampuan bahasa Jepang setara Japanese Language Profiency Test (JLPT) level N2. Silakan Anda pastikan lagi ke universitas pilihan Anda.


Berapa biaya kuliah yang dibutuhkan?

Berdasarkan survei yang dilakukan MEXT, rata-rata biaya kuliah pertahunnya adalah dari 800.000 yen (96.000.000 rupiah) sampai 1.500.000 yen (180.000.000 rupiah). Selain itu, dibutuhkan pula biaya untuk membayar sewa kamar, listrik, gas, air, telepon, transport, biaya makan dan juga uang saku. Selain biaya kuliah, diperlukan kira-kira sebanyak 150.000 yen (18.000.000 rupiah) setiap bulannya. Diperlukan juga uang untuk membeli perabotan yang akan dipakai di kehidupan sehari-hari.


Tolong beritahu mengenai beasiswa untuk belajar di Jepang.

Ada dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa rekomendasi dari universitas di Jepang, dan beasiswa yang bisa diajukan melalui Kedutaan Besar Jepang. Untuk informasi lebih jelas, silakan lihat tautan situs di bawah ini.

Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT)
http://www.mext.go.jp/en/

Mengenai Kehidupan Sehari-hari

Bagaimana cara mencari tempat tinggal?

Kebanyakan mahasiswa asing tinggal di apartemen atau mansion yang dikelola masyarakat umum. Jika ingin mencari tempat tinggal umum, mintalah bantuan universitas atau mencari informasi lewat internet atau kantor makelar properti. Bisa juga untuk tinggal di asrama yang dikelola universitas, silakan pastikan lagi ke universitas pilihan Anda.


Berapa biaya kehidupan sehari-hari?

Biaya kehidupan sehari-hari tergantung dari biaya makan dan di mana Anda tinggal, namun berdasarkan data dari Student Guide in Japan dari Japan Student Services Organization (http://www.jasso.go.jp/en/ study_j/sgtj.html) biaya perbulannya kurang lebih 100.000 yen (12.000.000 rupiah).


Jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan?

Ada banyak macam pekerjaan paruh waktu, seperti di restoran, mini market, ataupun sebagai penerjemah. Jika ingin bekerja paruh waktu, Anda harus meminta izin untuk berkegiatan di luar status izin tinggal, dan diatur agar tidak mengganggu kegiatan belajar Anda. Jika melanggar jumlah waktu kerja dari batas yang ditentukan, itu melanggar undang-undang ketenagakerjaan dan bisa dideportasi secara paksa.

Lain-lain

Ke manakah jika ingin berkonsultasi mengenai kehidupan selama di Jepang dan berbagai prosedur lainnya?

Bagian "Pusat Informasi Warga Asing yang Tinggal di Jepang", atau "Layanan Pusat Konsultasi One-stop" dari Immigration Bureau of Japan (Kantor Imigrasi Jepang) menerima konsultasi baik melalui telepon ataupun secara langsung.

Immigration Bureau of Japan
http://www.immi-moj.go.jp/english/index.html


Formulir Permintaan

Jika tidak ada pertanyan dan jawaban yang relevan dengan keinginan Anda, silakan kirimkan pertanyaan lewat sini.
*Tidak menjamin akan dijawab atau direspon melalui balasan pesan pribadi